Selasa, 02 Juni 2009

CARA MENGINSTAL PROGRAM U-BUNTU

1. Hidupkan computer anda.


2. Masuklah ke menu setting BIOS.


3. Atur BOOTING nya (yang first adalah CD ROOM ).


4. Untuk menginstal program U-BUNTU, cek memory Harddisk nya, karena diisyaratkan memory nya harus 256 MB keatas atau untuk Pentium 4 keatas.


5. Masukkan CD PROGRAM U-BUNTU.


6. Keluarlah dari menu settingan BIOS, dengan menyimpan perubahan yang telah di setting.


7. Silahkan tunggu.


8. Maka CD-ROOM akan membaca CD PROGRAM U-BUNTU.

Untuk tampilan pertama adalah setting bahasa yang akan digunakan. Pilih bahasa yang anda inginkan. (klik maju untuk setting berikutnya ).


9. Sesaat kemudian akan muncul 5 MENU pilihan, diantaranya :

· Jalankan U-BUNTU tanpa mengubah settingan computer

· Install U-BUNTU

· Check CD for defect

· Test memory

· Boot from first harddisk


10. Silahkan anda memilihnya,

· Bila anda ingin melihat-lihat tampilan U-BUNTU tanpa harus menginstal terlebih dahulu, maka silahkan anda klik menu pilihan yang pertama.

· Bila ingin menginstalnya langsung, pilih menu yang kedua.


11. Bila anda memilih pilihan yang kedua, maka yang akan muncul pertama sekali adalah pilihan bahasa yang akan di tampilkan pada saat anda melakukan proses settingan. Karena ada 7 langkah settingan yang harus anda lakukan sebelum anda menginstal PROGRAM U-BUNTU ke harddisk computer anda.


12. Settingan yang pertama adalah settingan BAHASA yang diatur (klik maju untuk settingan langkah selanjutnya).


13. Settingan yang selanjutnya adalah PENGATURAN WAKTU yang akan digunakan. Pilih Indonesia GMT+7 ( klik maju untuk settingan berikutnya ).


14. Settingan yang selanjutnya adalah SUSUNAN PAPAN KETIK. Pilih USA dipilihan lajur kiri dan kanan. (klik maju untuk settingan langkah selanjutnya).


15. Settingan yang selanjutnya adalah menu MEMPERSIAPKAN RUANG DISK. Pilih pilihan manual. klik maju untuk settingan langkah selanjutnya).


16. Settingan yang selanjutnya adalah mempersiapkan partisi, pilih DEVICE lalu pilih /dev/sda7 ext3. Bila ROGRAM U-BUNTU telah diinstal sebelumnya, maka setelah dipilih pilhan /dev/sda7 ext3, maka harus dihapus terlebih dahulu, yaitu dengan klik pada pilihan DELETE. Setelah itu pilih kembali FREE SPACE untuk membuat NEW PARTITION (partisi baru). klik maju untuk settingan langkah selanjutnya).

Maka akan muncul menu “BUAT PARTISI BARU”

· Untuk 1 anda mengisi pilihan ukuran partisi = isi saja 5000 MB

· Untuk titik kait = isi saja tanda /

· Selanjutnya anda klik pada /dev/sda7 ext3

· klik maju untuk settingan langkah selanjutnya).


17. Selanjutnya akan mencul menu SIAPAKAH ANDA ? isilah data pengguna dan passwordnya. klik maju untuk settingan langkah selanjutnya).


18. Selanjutnya akan mucul menu MIGRASI DOKUMEN DAN SETTING, centang pada plihan WINDOWS XP. klik maju untuk settingan langkah selanjutnya).


19. Selanjutnya akan muncul menu SIAP UNTUK INSTALL, maka perhatikan dengan teliti settingan-settingan yang telah dilakukan sebelumnya, bila ada kekeliruan dalam settingan maka pilih ulangi yaitu dengan memilih pilihan kembali, sebelum PRGRAM U-BUNTU diinstall. Klik pilihan pasang bila semua pengaturan telah benar.


20. Silahkan anda menunggu computer sedang menginstall PROGAM U-BUNTU.


21. setelah selesai terinstall, RESTART KOMPUTER, dan keluarkan CD PROGRAM U-BUNTU dari CD ROOM.


22. Selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar