Selasa, 02 Juni 2009

MENGENAL BLOK DIAGRAM HANDPHONE




A. Struktur Dasar Handphone

Struktur dasar handphone terdiri dari 2 bagian, yaitu hardware dan sofweare. Struk dasar dari unit penting pada handphone dapat diuraikan sebagai berikut.

· Unit pancarterima (Transceiver)/(Tx/Rx)

· Unit catu daya (Power Supply)

· Unit logika (Operating Data)

· Unit fitur terintegrasi terkini (televise, kamera video, 3G, dan multimedia lainnya)

  1. hardware ( perangkat keras)

hardware merupakan perangkat keras pada mesin handphone yang terdiri berbagai blok fungsi rangkaian elektronika beserta komponen pendukungnya.

Struktur dasar hardware pada handphone sebagai berikut.


  1. Baseband

Baseband merupakan pusat dasar pengaturan utama pada handphone yang memiliki unit power supply kelistrikan sebagai sumber daya listrik handphone. Unit baseband secara mendasar memiliki beberapa komponen sebagai berikut.

a. Power IC/UEM

UEM (Universal Energi Management) adalah regulator kelistrikan pada area baseband, termasuk sumber listrikpengisian baterai, control user interface, pengaturan pengkodean digital audio, penyimpanan sebagian data security (IMEI), SIM control, dan system Start Up handphone yang juga berperan besar pada regulator frekwensi audio. UEM merupakan integrasi hardware pada komponen dasar (global), yaitu IC Power, Audio, dan Charging (pada model hendphone Nokia, komponen ini bersifat programmable).

b. IC Audio

Secara mendasar komponen IC ini dapat mengubah, menyesuaikan, dan mengkode sinyal digital menjadi sinyal analog yang akan di umpankan pada panca indra manusia berupa suara. Komponen ini juga berperan memisahkan sinyal informasi berupa data untuk di olah CPU sebagai SAN (Signal Alfanumerik) atau sinyal Grafik untuk tampil pada layer.

c. IC Charging

Komponen ini berfungsi sebagai charging baterai dan mengontrol pengisian baterai secara digital elektronik.

d. CPU (Central Prosesing Unit)

Pusat pengendali terpadu yang berfungsi mengontrol input pengguna dalam proses peterjemahan.

e. Memory/Flash (RAM-ROM)

komponen ini bertugas menyimpang operating data dan untuk menjaga identitas handphone. Selain itu, komponen ini memiliki rangkaian yang saling terkait untuk memberi informasi pada blok RF frekwensi radio.


  1. User Interface

Bagian perantara handphone terhadap panca-indera manusia disebut komponen input output, yaitu LED, LCD, buzzer, speker, vibrator, keypad, dan microphone. Fitur tambahan user interface terkini, yaitu kamera videocall, televise, dan Bluetooth yang semakin popular dan telah menjadi kebutuhan mobilitas masyarakat saat ini.

Komponen input output yang mendukung kinerja handphone sebagai berikut.

· Keypad merupakan input masukan berupa kombinasi dengan huruf, angka, dan tanda baca/symbol yang diterjemahkan kedalam bahasa mesin oleh CPU dengan standar kode tertentu.

· Microphone merupakan komponen yang mengubah getaran listrik menjadi getaran suara.

· Buzzer/loudspeaker adalah komponen yang berfungsi mengubah getaran listrik menjadi nada dering/nada panggil.

· LED adalah komponen dioda yang menghasilkan sinar cahaya pada arus listrik yang berfungsi meneragi layar dan tombol keypad padasaat beroperasi.

· Vibrator adalah komponen berupa motor listrik yang menghasilkan getaran pada saat pangilan masuk.

· LCD adalah media handphone yang menampilkan data dan indicator kinerja handphone.


  1. Frekwensi Radio (Bok Transceiver)

Wilayah fekwensi radio merupakan ujung penghantar indentitas pengguna yang berfungsi mengolah sinyal informasi data dan sinyal pembawa untuk dipancarkan melalui antenna. Blok dasar area ini terdiri dari system pemancar Tx dan penerima RX yang memiliki system akses pengaturan frekwensi yang berbeda-beda. Pada blok pemancar Tx, hasil pengolahan informasi pengguna pada area baseband berupa informasi data atau suara yang didekodekan untuk disatukan dengan sinyal pembawa (carrier) dan di olah melalui IF IC prosesor sebagai perantara pengolahan sinyal. Hasil tersebut diperkuat sebuah komponen Final power Amplifier untuk diumpankan pada antena.




Pada sisi yang berlawanan adalah pada blok penerima Rx, merupakan arah masuk sinyal informasi yang ditangkap dari antenna, diproses RF IF prosesor, dan diteruskan pada pengkodean audio hingga menghasilkan sinyal berupa data yang akan diterjemahkan oleh unit pengontrol melalui LCD dan informasi data suara pada speaker.


A. Fitur Multimedia

Ciri-Ciri handphone yang memiliki fitur-fitur multimedia sebagai berikut.

a. Vidio Call

Keberadaan fitur video call menjadikan provider jaringan mampu mendukung call conference sehingga pengguna dapat bertatap muka secara bersama-sama dengan kualitas gambar dan suara yang baik. Fiture interface ini di tandai dengan adanya kamera kecil disisi atas layar LCD, dimaksudkan agar mampu menampilkan kamera video pada lawan komunikasi.

b. Streaming (Sharing)

Video streaming mengunakan layanan berbasis paket, yaitu setiap pengguna harus terkoneksi dari tiap server layanan streaming tersebut. Streaming dikategorikan sebagai berikut.

1. On Demand Streaming

On Demand Streaming diaktifkan dan dikendalikan oleh pengguna layanan. Konten layanan tersimpan di dalam server rekam, sehingga layanan ini bias dipresentasikan kapan saja sesuai dengan permintaan pengguna.

2. Webcast Streaming

Pada webcast streaming layanan hanya dapat ditentukan, ketika suatu konten dimulai dan di akhiri. Pengguna tidak dapat melakukan proses apapun hingga paket layanan diakhiri oleh pengguna sendiri atau kamera durasi waktu layanan telah berakhir, sehingga pengguna hanya bias melakukan streaming dalam kondisi langsung (live).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar